TRIANA, RIZKY (2019) ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTS. SWASTA NURUL IMAN TANJUNG MORAWA TA. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111032 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM. 4152111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4152111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4152111032 PREACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 4152111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 4152111032 TABLE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 4152111032 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4152111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4152111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM. 4152111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 4152111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan cara berpikir yang lebih tinggi tidak sekedar menghafal namun ia bisa menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuannya dalam menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi baru. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenali pembuatnya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar 2) untuk mengetahui penyebab HOTS siswa rendah. Indikator berpikir kreatif yang digunakan yaitu kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penelitian ini dilakukan kepada 35 anak di sekolah MTs. Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Intrumen yang digunakan yakni tes dan non tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kriteria kreatif ada sebanyak 2 siswa dengan persentasenya yakni 5,71%, Kriteria cukup kreatif ada sebanyak 2 siswa dengan persentasenya 5,71%, dan Kriteria kurang kreatif ada sebanyak 31 siswa dengan persentasenya 88,58%. Adapun penyebab rendahnya HOTS siswa yaitu: 1) Pola pikir siswa yang tidak kompleks, 2) Dalam menyelesaikan persoalan masih bersifat algoritmik, 3) menggunakan cara yang sama dengan contoh yang diberikan serta hanya membuat satu solusi dari persoalan, 4) rendahnya pemahaman dalam memecahkan suatu masalah, 5) tidak mengungkapkan pendapat serta keputusan untuk membuat kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 151 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:12 |
Last Modified: | 06 May 2020 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36315 |