PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TUGAS DI SEKOLAH DENGAN PEMBERIAN TUGAS DI RUMAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 067099 DAN SDN 060919 MEDAN T.A 2019/2020

HARAHAP, NIKI MAIMUNAH (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TUGAS DI SEKOLAH DENGAN PEMBERIAN TUGAS DI RUMAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 067099 DAN SDN 060919 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1153111037_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153111037_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1153111037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1153111037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1153111037_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1153111037_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1153111037_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1153111037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1153111037_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1153111037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1153111037_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1153111037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1153111037_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1153111037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1153111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1153111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1153111037_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1153111037_BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1153111037_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1153111037_BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1153111037_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1153111037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: hasil belajar siswa ynag
masih rendah pada mata pelajaran Matematika, kurangnya motivasi belajar siswa,
kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah,
kurangnya dorongan dari guru saat anak melaksanakan tugas, dan metode
pemberian tugas yang dilakukan oleh guru masih masih kurang tepat. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui
Pemberian Tugas Di Rumah Dengan Pemberian Tugas Di Sekolah Pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 067099 Dan SDN 060919 Medan T.A
2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu
posttest only control design, dimana populasinya adalah siswa kelas IV SDN
067099 sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 orang dengan pemberian tugas di
sekolah dan kelas IV SDN 060919 sebagai kelas kontrol berjumlah 15 orang
dengan pemberian tugas di rumah. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 067099
Medan adalah 15 orang, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 7 orang dan
siswa laki-laki 8 orang. Sedangkan jumlah siswa kelas IV SD Negeri 060919
Medan adalah 15 orang, dengan jumlah siwa perempuan sebanyak 4 orang dan
siswa laki – laki sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah tes. Tes yang dilakukan sebanyak 10 soal berbentuk isian. Tes dilakukan
sebanyak 2 kali yaitu post tes kelas eksperimen dan post tes kelas kontrol dengan
menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Matematika.
Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan tes bentuk isian sebanyak 10
soal. Berdasarkan hasil uji tes dinyatakan soal yang disusun telah valid dan
realibel sedangkan alat yang tidak memenuhi syarat dikeluarkan/dibuang.
Selanjutnya untuk analisis data dilakukan uji syarat yaitu uji normalitas
dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa pada
kelas kontrol menunjukkan bahwa varians sampel adalah homogen. Selanjutnya
sesuai tujuan, analisis dilakukan dengan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil uj-t
menunjukkan nilau thitung (2,216) > ttabel (2,048).
Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui pemberian tugas di sekolah
dengan pemberian tugas di rumah pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN
067099 dan SDN 060919 Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 248
Keywords: Pemberian Tugas Di Sekolah; Pemberian Tugas Di Rumah; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Nov 2019 15:47
Last Modified: 20 Apr 2020 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36218

Actions (login required)

View Item
View Item