PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Fitrah, Muhammad Donny (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 809173032 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
809173032 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of 809173032 Abstrak.pdf]
Preview
Text
809173032 Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 809173032 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
809173032 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 809173032 Bab I.pdf]
Preview
Text
809173032 Bab I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 809173032 Bab V.pdf]
Preview
Text
809173032 Bab V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 809173032 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
809173032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan mengetahui : (1) Pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan video pembelajaran, model pembelajaran konvensional dengan media video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir mahasiswa biologi Unimed pada materi pembuatan media kultur jaringan Murashige dan Skoog; dan (2) Pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan video pembelajaran, model pembelajaran konvensional dengan media video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Unimed pada materi pembuatan media kultur jaringan Murashige dan Skoog. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 3 kelompok yang ditentukan secara simple random sampling (sampel acak). Setiap kelompok sampel diwakili oleh mahasiswa dari tiga kelas yang berbeda. Kelas yang diambil untuk menjadi sampel adalah kelas pendidikan A, pendidikan B dan Pendidikan Ekstension stambuk 2008. Kelompok A dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan video pembelajaran, kelompok B dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan video pembelajaran, dan kelompok C dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal; tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data menggunakan uji Analisis Varians (Anava) dengan bantuan program SPSS 17.0 (SPSS Inc.).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan video pembelajaran, model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional, dengan F = 21,464 dan p = 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan video pembelajaran, model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional, dengan F = 17,206 dan p = 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Fit p
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Kooperatif; Konvensional; Media pembelajaran; Video pembelajaran; Berpikir kritis; Mahasiswa; Media kultur jaringan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Feb 2017 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item
View Item