Arivatussaqdiyah (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS BUDAYA MELAYU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175002 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 8146176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 8166175002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 8166176002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8166175002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
6. NIM. 8166175002 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 8166175002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 8166175002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9. NIM 8166175002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM 8166175002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM 8166175002 BIBLIOGRHAPI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan bahan ajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif berbasis
budaya Melayu dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran
kooperatif berbasis budaya Melayu. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define,
design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan
pengujian terbatas. Bahan ajar fisika yang dikembangkan berupa buku guru, buku
siswa, tes hasil belajar. Aspek budaya Melayu diintegrasikan ke dalam fase-fase
model pembelajaran kooperatif. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola
interaksi budaya Melayu yaitu bermusyawarah dalam menyelesaikan
permasalahan yang diangkat dan ilustrasi yang diambil dari aspek budaya Melayu.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA II MAN 2 Tanjung Pura.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika dengan model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu telah memenuhi kriteria valid,
praktis dan efektif.. Dan terdapat peningkatan hasil siswa dengan kategori baik
setelah menerapkan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran
kooperatif berbasis budaya Melayu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Ari p |
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Budaya Melayu, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 04:14 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36138 |