Hasibuan, Yustina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN COMMUNICATION SKILLS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176176026 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8176176026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8176176026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 8176176026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 8176176026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 8176176026 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8176176026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8176176026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176176026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 8176176026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 8176176026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model
pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains mahasiswa, (2)
pengaruh communication skills tinggi dan communication skills rendah terhadap
keterampilan proses sains mahasiswa, (3) interaksi model pembelajaran scientific
inquiry dan communication skills terhadap keterampilan proses sains mahasiswa.
Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperiment ini dilakukan pada mahasiswa
jurusan biologi pada mata kuliah fisika dasar UIN-SU. Sebagai populasi terpilih
dua kelas secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes
uraian berbasis keterampilan proses sains yang telah divalidasi oleh dua orang
ahli. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) keterampilan proses sains mahasiswa
menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik daripada
pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains mahasiswa yang
memiliki communication skills tinggi lebih baik daripada mahasiswa dengan
communication skills rendah, (3) terdapat interaksi model pembelajaran scientific
inquiry dan communication skills terhadap keteampilan proses sains, dimana
interaksi pada kelompok mahasiswa dengan communication skills tinggi lebih
baik daripada mahasiswa dengan communication skills rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Has p |
Keywords: | scientific inquiry, communication skills, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 08:30 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36133 |