PENGEMBANGAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE(TTMC) UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMA/MA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Girsang, Rifka Annisa (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE(TTMC) UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMA/MA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176175014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176175014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8176175014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8176175014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8176175014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8176175014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176175014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176175014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176175014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176175014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6 . NIM. 8175175014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 . NIM. 8175175014 TABLES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176175014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176175014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176175014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176175014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176175014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176175014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176175014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176175014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176175014 BIBLIOGRGAFI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176175014 BIBLIOGRGAFI.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan tes Two-tier Multiple Choice (TTMC) untuk
mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi Momentum dan
Impuls yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan (Developmental Reseach), dengan menggunakan model
ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil
analisis kualitatif, kualitas tes soal adalah sangat baik dengan persentasi kevalidan
92%. Hasil analisis Kuantitatif kualitas tes TTMC adalah baik. Analisis 27 butir soal
pada uji kelompok kecil diperoleh 24 butir soal diterima dan 3 butir soal ditolak. Uji
kelompok besar diperoleh: (1) 19 butir soal valid (71%), 5 soal tidak valid (21%). (2)
reliabilitas soal termasuk dalam kategori “Cukup” dengan nilai sebesar 0,587. (3) 3
(13%) soal dalam kategori mudah, 12 (50%) soal kategori sedang dan 9 (38%) soal
kategori sulit. (4) Daya pembeda soal didapatkan 14 (58%) soal dalam kategori baik
sekali, 5 (21%) soal dalam kategori baik dan 5 (21%) soal dalam kategori jelek. (5) 19
(79%) soal efektif dan 5 (21%) soal tidak efektif. Butir soal yang diterima sebanyak 12
(50%) soal, 7 (29%) soal direvisi dan 5 (21%) soal ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.71 Gir p
Keywords: Two-tier Multiple Choice, Momentum dan Impuls, Validitas, Reliabilitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:01
Last Modified: 24 Sep 2019 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36122

Actions (login required)

View Item
View Item