Srijayanti, Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SELF EFFICACY SISWA FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176175011 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8176175011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM 8176175011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8176175011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 8176175011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8176175011 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8176175011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8176175011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8176175011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
13. NIM 8176175011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 8176175011 BIBLIOGRHAPI.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan selfefficacy siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa
dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan di
MAS Laboratorium UIN SU Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah
quasi eksperimen yang dilaksanakan menggunakan two group pretes-posttest
design. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
tes keterampilan generik sains dan angket self-efficacy siswa Data dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keterampilan generik sains dan self-efficacy siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa lebih
baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil
penelitian menunjukkan pembelajaran fisika melalui pendekatan Culturally
Responsive Teaching terintegrasi etnofisika dapat mengembangkan KGS pada
keterampilan pengamatan langsung, inferensi logika dan abstraksi sedangkan
self-efficacy siswa mengalami peningkatan pada aspek prestasi dan motivasi diri,
serta Disiplin diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Sri p |
Keywords: | Kooperatif berbasis budaya Jawa, CRT, KGS, self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 07:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36119 |