Harsa, Fajar Sukma (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ADOBE FLASH BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP CHANDRA KUMALA DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172023 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8166172023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 8166172023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 8166172023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8166172023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 8166172023 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 8166172023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8166172023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
12. NIM. 8166172023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM. 8166172023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Kemampuan spasial mendukung hasil belajar matematika siswa terutama pada topik
geometri yang berkaitan dengan shape and space. Tujuan penelitian ini adalah untuk
melihat kualitsa pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe Flash berbasis
pembelajaran kooperatif untuk menigkatkan kemampuan spasial siswa. This study is
development research using 4-D model (define, design, develop, and disseminate) in
two classes that consist 30 students in each class at Secondary School Chandra Kumala
Deli Serdang and it has two trials for the developing step. Kualitas pengembangan
dinilai dari beberap aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, keefektivan pengembangan
media dan peningkatan nilai kemampuan spasial siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa diperoleh skor validitas pengembangan media sebesar 2,89 (criteria:valid).
Kepraktisan telah memenuhi kriteria praktis yang ditinjau dari angket guru dengan
skor rata-rata 2,65 pada uji coba I dan 2,98 pada uji coba II, serta respon siswa dengan
skor rata-rata 2,75 pada uji coba I dan 2,85 pada uji coba II. Keefektifan memenuhi
kriteria efektif, yaitu ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah
mencapai 86,7 % pada uji coba II (pada uji coba I hanya 76,7%) dan penggunaan waktu
penelitian sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan N-gain peningkatan
kemampuan spasial siswa menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan
pada uji coba I berada pada kategori rendah dengan skor 0,13, namun berada pada
kategori sedang dengan skor 0,34 pada uji coba II. Selanjutnya nilai rata-rata
meningkat dari uji coba I sebesar 71,32 menjadi 77,13 pada uji coba II. Disamping itu,
adanya pencapaian kemandirian belajar siswa dalam belajar matematika menjadi
penguatan terhadap peranan pengembangan media Adobe Flash dalam proses belajar
mengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.2 Har p |
Keywords: | Spasial, Pengembangan, Media, Adobe Flash, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:13 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36105 |