Hafni, Nur Fadilah (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136121020 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8136121020 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 8136121020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8136121020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8136121020 Daftra Isi.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8136121020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8136121020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8136121020 Daftra Lampiran.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8136121020 BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM. 8136121020 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 8136121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan
di SMP khususnya pada pembelajaran IPS masih menggunakan teacher center
learning, siswa mengganggap IPS merupakan mata pelajaran yang membosankan,
dan hasil belajar IPS dinilai masih rendah dan kurang maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Perbedaan Hasil belajar IPS siswa yang
memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial kongkrit; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir
terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen
dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil belajar
IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group
investigation lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD; (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial kongkrit; (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran
dan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Dari hasil análisis
data disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe group
investigation lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial abstrak dan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat
digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial kongkrit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Haf p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Gaya Berpikir, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36095 |