Khairan (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI LUDO WORD GAME (LWG) BERBASIS LITERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Sampul Tesis.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Plagiat.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media
pembelajaran game edukasi Ludo Word Game berbasis literasi yang layak digunakan,
mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran secara
individual; (2) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran game edukasi Ludo
Word Game berbasis literasi yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Jerman
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Jerman berada
pada kategori sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori sangat
baik; (3) uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik; (5) uji coba kelompok
kecil berada pada kategori sangat baik dan, (6) uji coba lapangan berada pada kategori
sangat baik. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan game edukasi
Ludo Word Game berbasis literasi dalam pembelajaran bahasa Jerman dengan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku cetak. Hal ini ditunjukan
dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,03 sedangkan ttabel = 1,99. Diperoleh
bahwa t
hitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan game edukasi Ludo Word Game berbasis literasi dalam pembelajaran bahasa
Jerman dengan efektifitas sebesar 88,73% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan buku cetak dengan efektifitas sebesar 81,63%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.31 Kha p |
Keywords: | game edukasi ludo word game berbasis literasi, keterampilan bahasa jerman |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy P Language and Literature > PD Germanic languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:40 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36093 |