PENGEMBANGAN GAME EDUKASI LUDO WORD GAME (LWG) BERBASIS LITERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN

Khairan (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI LUDO WORD GAME (LWG) BERBASIS LITERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Sampul Tesis.pdf]
Preview
Text
1. Sampul Tesis.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Plagiat.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Plagiat.pdf - Published Version

Download (823kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media
pembelajaran game edukasi Ludo Word Game berbasis literasi yang layak digunakan,
mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran secara
individual; (2) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran game edukasi Ludo
Word Game berbasis literasi yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Jerman
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Jerman berada
pada kategori sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori sangat
baik; (3) uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik; (5) uji coba kelompok
kecil berada pada kategori sangat baik dan, (6) uji coba lapangan berada pada kategori
sangat baik. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan game edukasi
Ludo Word Game berbasis literasi dalam pembelajaran bahasa Jerman dengan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku cetak. Hal ini ditunjukan
dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,03 sedangkan ttabel = 1,99. Diperoleh
bahwa t
hitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan game edukasi Ludo Word Game berbasis literasi dalam pembelajaran bahasa
Jerman dengan efektifitas sebesar 88,73% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan buku cetak dengan efektifitas sebesar 81,63%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.31 Kha p
Keywords: game edukasi ludo word game berbasis literasi, keterampilan bahasa jerman
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:40
Last Modified: 23 Sep 2019 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36093

Actions (login required)

View Item
View Item