Hayati, Rachmah (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEGIATAN BERLITERASI SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN HAMPARANPERAK. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166182038 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2 NIM. 8166182038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3 NIM. 8166182038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4 NIM. 8166182038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5 NIM. 8166182038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 NIM. 8166182038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 NIM. 8166182038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM. 8166182038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9 NIM. 8166182038 BAB I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13 NIM. 8166182038 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14 NIM. 8166182038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya LKS khusus dalam
kegiatan berliterasi. Pemahaman membaca siswa kelas IV SD Negeri 101762, SD
Negeri 106794 dan SD Swasta Harapan Paya Bakung Kecamatan Hamparanperak
rendah karena siswa tidak diperkenalkan sejak dini dengan kegiatan berliterasi.
Penelitian ini bertujuan: Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk
meningkatkan kegiatan berliterasi agar layak dan efektif digunakan siswa SD di
Kecamatan Hamparanperak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan model ADDIE yaitu: analyze, design, development, implementation, and
evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di tiga sekolah yaitu,
SD Negeri 101762 Paya Bakung, SD Negeri 106794 Paya Bakung dan SD Swasta
Harapan Paya Bakung. Penentuan sampel penelitian dilakukan teknik total
sampling, yaitu seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 90 siswa. Instrumen yang
digunakan yaitu angket validasi ahli, angket respon siswa serta rubrik penilaian
unjuk kerja siswa menggunakan LKS literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan:
(1) berdasarkan hasil validasi ahli materi Literasi maka LKS layak digunakan
untuk siswa kelas IV dengan skor validasi sebesar 86,2% atau berkategori sangat
valid, berdasarkan hasil validasi ahli bahasa LKS layak digunakan dengan skor
validasi sebesar 87,1% atau berkategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli
desain layoutsebesar 80% atau kategori valid; dan (2) Hasil persentasi dari angket
respon siswa sebesar 83,8% yang dikategorikan Valid, sehingga dapat dikatakan
LKS layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. (3) Rata-rata persentase hasil
penilaian unjuk kerja pada pretes sebesar 67,8% yang dikategorikan
cukup/sedang dan postest sebesar 83,8% yang mana dapat dikategorikan
baik/tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penilaian unjuk kerja menggunakan
LKS Literasi sudah dapat meningkatkan kegiatan berliterasi siswa. Berdasarkan
nilai pretes dan postes dapat dilihat nilai gainscore sebesar 0,34 dengan kategori
efektifitas sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS untuk meningkatkan
kegiatan berliterasi siswa kelas IV SD di Kecamatan Hamparanperak sudah
dikatakan efektif sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Hay p |
Keywords: | LKS, Literasi, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36081 |