Rizkinta, Elga Novira (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI FILM DOKUMENTER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 014680 BUNTU PANE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182014 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8166182014 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 8166182014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 8166182014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8166182014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 8166182014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8166182014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 8166182014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182014 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 8166182014 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 8166182014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujan untuk membuat pengembangan media
berbasis film dokumenter dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 014680
Buntu Pane. Kemudian untuk mengetahui respon siswa tentang media
pembelajaran terintegrasi film dokumenter dalam pembelajaran IPS di kelas V
SD Negeri 014680 Buntu Pane. Dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri 014680 dalam pembajaran IPS dengan menggunakan media
terintegrasi film dokumenter. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang
menggunakan model pengembangan R & D model pengembangan produk
pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis yang
disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran peserta didik. Pengembangan ini
dikumpulkan dengan angket dan lembar expert judgement. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) uji ahli materi pada mata pelajaran IPS berada pada kualifikasi
sangat baik (88,86%), (2) uji ahli desain media pembelajaran kualifikasi sangat
baik (86,95%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat
baik (87,41%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik
(94,17%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik
(95,91%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (95,74%).
Peningkatan hasil belajar IPS melalui pengembangan media pembelajaran film
documenter diketahui dari hasil perhitungan thitung = 5,98 sedangkan ttabel = 1,68.
Karena thitung = 5,98 > ttabel = 1,68 maka disimpulkan ada perbedaan yang
signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
menggunakan film dokumenter lebih tinggi dibanding tidak menggunakan media
pembelajaran film dokumenter. Produk akhir dari pengembangan ini berupa CD
film pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 014680 Buntu
Pane Tahun Ajaran 2018/2019 semester genap berjumlah 24 orang siswa. Dengan
demikian media pembelajaran berbasis film dokumenter yang dikembangkan ini
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Riz p |
Keywords: | Media Film Dokumenter, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 01:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36075 |