Tarigan, Yoana (2019) PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN PADA GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI SISWA SMA BERBASIS BUDAYA LOKAL TANAH KARO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191038 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156191038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8156191038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 8156191038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8156191038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8156191038 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8156191038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156191038 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156191038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 8156191038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM. 8156191038 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi proses pengembangan bahan
bacaan pada gerakan literasi sekolah bagi siswa SMA berbasis budaya lokal
Tanah Karo; mendeskripsikan kelayakan bahan bacaan pada gerakan literasi
sekolah bagi siswa SMA berbasis budaya lokal Tanah Karo, dan mendeskripsikan
keterpakaian bahan bacaan pada gerakan literasi sekolah bagi siswa SMA berbasis
budaya lokal Tanah Karo. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Borg
& Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan bahan bacaan
didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan,
pengembangan produk awal, validasi isi materi dan desain, revisi produk,
penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji
coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid
dan layak digunakan; (2) hasil validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan
rata-rata 88.33% pada kriteria “sangat baik”, kelayakan penyajian dengan rata-rata
84% pada kriteria “sangat baik”, aspek bahasa dengan rata-rata 84.60% pada
kriteria “sangat baik”, rata-rata keseluruhan aspek adalah 85.64% pada kriteria
“sangat baik”, dan validasi ahli desain dengan rata-rata 84.75% pada kriteria
“sangat baik”; dan (3) keterpakaian bahan bacaan memenuhi syarat dan efektif
digunakan sebagai bahan bacaan. Hasil penilaian respon guru terhadap bahan
bacaan yang dikembangkan memiliki total presentase rata-rata 90,18% dengan
kriteria “sangat baik”. Hasil persentase rata-rata dari keseluruhan uji lapangan
terbatas adalah 89,84% dengan kriteria “sangat baik”..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.71 Tar p |
Keywords: | bahan bacaan, gerakan literasi, berbasis budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36067 |