Simbolon., Hotrimsyah (2019) ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI SE-KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166173008 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 8166173008 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 8166173008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 8166173008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 8166173008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8166173008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM 8166173008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8166173008 DAFTAR GAMABAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8166173008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8166173008 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM 8166173008 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8166173008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMA Negeri se-Kabupaten
Tapanuli Tengah yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan literasi sains
siswa; (2) Hubungan latar belakang pendidikan formal orang tua dengan
kemampuan literasi sains siswa; (3) Hubungan intensitas belajar sains dengan
kemampuan literasi sains siswa; dan (4) Hubungan proses pembelajaran sains di
sekolah dengan kemampuan literasi sains siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Tengah.
Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) berjumlah 256
siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif. Instrumen
penelitian adalah tes kemampuan literasi sains siswa, dan angket faktor-faktor
literasi sains siswa, yaitu: latar belakang pendidikan formal orang tua, intensitas
belajar sains, dan proses pembelajaran sains siswa. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis korelatif
dengan menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil
penelitian ini diperoleh bahwa: (1) kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA
SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Tengah termasuk kedalam kategori Kurang
Baik; (2) terdapat hubungan signifikan latar belakang pendidikan formal orang tua
dengan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten
Tapanuli Tengah (r = 0,161); (3) terdapat hubungan signifikan intensitas belajar
sains dengan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri
se-Kabupaten Tapanuli Tengah (r = 0,248) dan (4) terdapat hubungan signifikan
proses pembelajaran sains di sekolah dengan kemampuan literasi sains siswa kelas
XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Tengah (r = 0,622). Hasil penelitan
ini mengimplikasikan bahwa peran dan pendidikan orangtua, intensitas belajar,
dan proses pembelajaran berbasis literasi sains siswa di sekolah memiliki
hubungan dan pengaruh yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa
menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Sim a |
Keywords: | Literasi Sains, Pendidikan Formal Orang Tua, Intensitas Belajar Sains, Proses Pembelajaran Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 07:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36043 |