Amrullah M. (2018) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP/MTs BERORIENTASI INKUIRI DILENGKAPI MIND MAP DI MTs NEGERI 2 PADANG BOLAK. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8136173002 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2 NIM. 8136173002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3 NIM. 8136173002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4 NIM. 8136173002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5 NIM. 8136173002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6 NIM. 8136173002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7 NIM. 8136173002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8 NIM. 8136173002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9 NIM. 8136173002 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13 NIM. 8136173002 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14 NIM. 8136173002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar
biologi SMP/MTs berorientasi inkuiri dilengkapi mind map agar dapat menjadi
pendukung dalam pembelajaran, (2) mengetahui tanggapan guru dan siswa
terhadap bahan ajar yang dikembangkan , (3) mengetahui hasil validasi ahli materi
dan ahli desain bahan ajar biologi yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan dengan model prosedural melalui model 4-D
(four-D models), yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini terdiri dari empat
tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), dan penyebaran (desseminate). uji validitas (didaktik, konstruksi,
teknis) dan praktikalitas bahan ajar menggunakan skala Likert. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Validasi bahan ajar sangat valid dengan rata-rata nilai sebesar
3,54, (2) hasil validasi aspek didaktik 3,5 dengan kategori sangat valid., (3) hasil
validasi aspek konstruksi bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kategori
sangat valid., (4) hasil validasi aspek teknis 3,5 dengan kategori sangat valid., (5)
Praktikalitas bahan pembelajaran menurut guru dengan rata-rata tingkat
kepraktisannya 3,23 yaitu berada pada kategori praktis., (6) Hasil uji praktikalitas
bahan pembelajaran menurut siswa menunjukkan bahwa bahan pembelajaran
dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata tingkat kepraktisannya 3,54, sehingga
dapat disimpulkan bahan pembelajaran biologi SMP/MTs berbasis inkuiri
dilengkapi mind map layak digunakan dan dikembangkan sebagai penunjang
pembelajaran biologi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Amr p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Pembelajaran, Model Pengembangan 4D, Inkuiri, Mind Map. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:46 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36039 |