Kurniawan, Ekin Dwi Arif (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SMA NEGERI I SEI SUKA KELAS XI MIPA SEMESTER 1. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142008 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM. 8176142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
3.NIM. 8176142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 8176142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 8176142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM. 8176142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8176142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 8176142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 8176142008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM. 8176142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8176142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar penuntun praktikum
kimia SMA/MA kelas XI semester 1 yang telah beredar, untuk mengetahui
kelayakan penuntun praktikum kimia ramah lingkungan berbasis inkuiri
terbimbing pada kelas XI MIA semester 1 yang dikembangkan, untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan penuntun praktikum
kimia yang dikembangkan dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan
penuntun praktikum yang dipergunakan disekolah, dan untuk mengetahui apakah
motivasi dan aktivitas praktikum siswa yang dibelajarkan dengan penuntun
praktikum kimia yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan motivasi dan
aktivitas praktikum siswa yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum yang
dipergunakan disekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah (1) 40 orang siswa
kelas XI MIPA pada 2 kelas yang berbeda di SMA Negeri 1 Sei Suka, (2) 3
Penuntun praktikum kimia yang telah beredar untuk SMA/MA kelas XI semester
1, (3) 6 guru kimia, 2 orang dosen. Instrumen tes telah diuji validitas dan
reliabelitas (r11 = 0,9279 / reliabilitas sangat tinggi), begitu juga dengan instrumen
nontes telah divalidasi dan memenuhi standar sebagai alat penguji. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kelayakan penuntun praktikum kimia
yang diterbitkan oleh beberapa penerbit memiliki kategori cukup layak (2,7 dari
nilai maksimal 5), (2) Hasil validasi guru dan dosen terhadap penuntun praktikum
yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak (4,78 dari nilai maksimal 5),
(3) terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang
dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan dengan yang
dibelajarkan menggunakan buku yang dipergunakan siswa, dengan nilai hasil
belajar siswa (Sig < α) dan (thitung > t tabel) yaitu (0,00 < 0,05) dan (8,094> 2,00).
(4) Motivasi dan aktivitas praktikum siswa yang dibelajarkan dengan penuntun
praktikum kimia yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan motivasi dan
aktivitas praktikum siswa yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum yang
dipergunakan disekolah, dimana nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas
kontrol berturut-turut yaitu 88,8 > 50,15 dan 89,8> 73,38.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 542.1 Kur p |
Keywords: | Penuntun praktikum kimia, kimia ramah lingkungan, Inkuiri terbimbing, motivasi siswa, aktifitas siswa, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 09:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36028 |