Sari, Purnama (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN TANGAN DAN RIAS KUKU SISWA JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 1 BERINGIN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1.8166121008 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2.8166121008 Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3.8166121008 Abstrak B. Indonesia+B.Inggris.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4.8166121008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5.8166121008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6.8166121008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7.8166121008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8.8166121008 DaftarLampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9.8166121008 Bab I.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
13.8166121008 Bab V.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
14.8166121008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video
pembelajaran perawatan tangan dan rias kuku yang layak digunakan pada siswa
tata kecantikan kulit di sekolah SMK Negeri 1 Beringin.
Penelitian ini menggunakan model penelitian research and development
(R&D) dengan subyek uji coba penelitian terdiri dari dua ahli materi
pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dua orang ahli media serta tiga
orang siswa untuk uji coba perorangan, sembilan orang siswa untuk uji coba
kelompok kecil dan tiga puluh lima orang siswa untuk uji coba lapangan.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tanggapan dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan media video
pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran pada materi pelajaran perawatan tangan dan rias kuku untuk siswa
Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin. Hasil pengujian hipotesis
membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar perawatan
tangan dan rias kuku dengan menggunakan media video pembelajaran daripada
hasil belajar perawatan tangan dengan menggunakan video youtube. Hal ini
ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung = 4, 15 dan ttabel
= 1,99 dimana 4,15 > 1,99 untuk taraf signifikansi sebesar 0,05. Efektifitas
penggunaan media video pembelajaran perawatan tangan yaitu sebesar 90,42% lebih
tinggi daripada nilai keefektifan dengan menggunakan video youtube yaitu sebesar
84,49%. Disimpulkan bahwa hasil pembelajaran siswa menggunakan media video
pembelajaran lebih efektif daripada menggunakan media video youtube.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sar p |
Keywords: | pengembangan, media video pembelajaran, perawatan tangan dan rias kuku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 03:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35982 |