Wanda, Rica Yudithia (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121036 Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8126121036 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 8126121036Abstrak.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 8126121036 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8126121036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 8126121036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7. NIM. 8126121036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8126121036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 8126121036 Bab I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
13. NIM. 8126121036 Bab V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM. 8126121036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar
bahasa Jerman antara siswa yang diajar dengan Strategi Quantum Reading dengan
siswa yang diajar dengan Strategi PQ4R (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar
bahasa Jerman antara siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan
kemampuan verbal rendah (3) Apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran
dan kemampuan verbal yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Jerman siswa.
Populasi penelitian terdiri dari 560 siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan pada
semester II tahun akademik 2017/2018 dan sampel terdiri dari 80 siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan
rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan adalah tes bahasa Jerman
yang terdiri dari 35 soal dan instrumen yang digunakan untuk mengukur
kemampuan verbal berupa tes yang sudah terstandarisasi. Teknik analisis data
menggunakan Anava dua jalan.
Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Quantum Reading dengan
strategi PQ4R. Hasil belajar bahasa Jerman yang diajar dengan menggunakan
Quantum Reading lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Jerman siswa yang
diajar dengan strategi PQ4R , dimana Fhitung > Ftabel (5,70 > 3,9). (2) Ada
perbedaan hasil belajar bahasa Jerman antara siswa yang memiliki kemampuan
verbal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah. Hasil
pembelajaran bahasa Jerman siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi lebih
tinggi daripada siswa dengan kemampuan verbal rendah dimana F hitung > Ftabel
(5,26 > 3,9). (3) Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan strategi
pembelajaran dan kemampuan verbal dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana
Fhitung > Ftabel (6,09 >3,9). Hal ini disebabkan karena selain strategi pembelajaran,
karakteristik siswa yang lain, seperti kemampuan verbal dapat mempengaruhi
hasil belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.331 Wan p |
Keywords: | Strategi pembelajaran, PQ4R, quantum reading, kemampuan verbal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PF West Germanic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 02:52 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35980 |