Perangin-angin, Esra (2019) PENGEMBAGAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI KELAS VIII SMP KRISTEN KALAM KUDUS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191005 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 8156191005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM 8156191005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 8156191005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
5. NIM 8156191005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
6. NIM 8156191005 TABELS.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 8156191005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM 8156191005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM 8156191005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. NIM 8156191005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
14. NIM 8156191005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
Abstract
Materi pembelajaran untuk kompetensi dasar menulis teks eksplanasi masih kurang
memberi peluang bagi tradisi literasi kepada siswa. Guru jarang menjadikan kegiatan
membaca sebagai kerangka berpijak (frame of reference) dalam pembelajarannya. Belum
tersedianya bahan ajar teks eksplanasi dan kurangnya latihan menulis teks eksplanasi
merupakan hambatan siswa dalam mengenal dan memahami teks eksplansi. Penelitian ini
bertujuan menghasilkan materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi yang layak
untuk siswa kelas VIII SMP Kristen Kalam Kudus.
Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Research & Development (R &D)
oleh Borg dan Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokan menjadi tiga prosedur
pengembangan, yang meliputi, (a) perencanaan, (b) pengembangan produk, dan (c)
validasi. Materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi dikembangkan dengan
konsep literasi yang diambil dari standar pembelajaran esensial Victoria Australia atau
Australian Victorian Essential Learning Standards/AusVELS yang dibuat melalui empat
tahapan yang meliputi, teks dalam konteks, berinteraksi, menganalisis, menulis.
Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket ahli materi
dan desain, angket respon siswa, dan instrument modul tes. Sementara uji coba produk
melibatkan tiga siswa, sembilan siswa, dan satu kelas. Penelitian ini melibatkan 34 siswa
SMP Kristen Kalam Kudus Medan Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen, dan 34siswa
SMP Kristen Kalam Kudus Medan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Produk yang
dihasilkan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penulisan teks eksplanasi kelas
VIII SMP Kristen Kalam Kudus Medan sesuai dengan kegiatan literasi dan kemampuan
berpikir tingkat tinggi (HOTS), terbukti dengan nilai rata-rata pretest 70,24, dan posttest
90,44, dengan nilai gain skor 0,68.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Per p |
Keywords: | pengembangan, materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi, literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35968 |