Ramadhani, Mastari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS IX SMP AMANAH ISLAMIC MODERN SCHOOL MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192018 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 8156192018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8156192018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8156192018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 8156192018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8156192018 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 8156192018 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8156192018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 8156192018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 8156192018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
14. NIM. 8156192018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji kesulitan siswa untuk mengungkapkan pengalaman dan gagasan
dalam bentuk cerita pendek (cerpen) dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada
menulis cerpen berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern,
mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif pada menulis cerpen
berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern dan efektivitas produk
hasil pengembangan berupa media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis
pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern School Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan. Hasil menunjukkan bahwa : 1) Hasil pengembangan
media interaktif menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and
Development (R&D) dengan model DDD-E (Dicide, Design, Develop, Evaluate) dan media
pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. 2) Produk yang
dikembangkan telah layak digunakan setelah melalui tahapan revisi dari validator ahli materi,
validator ahli desain, dan tanggapan guru terhadap produk. Adapun bagian yang direvisi
meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Berdasarkan hasil revisian
terhadap produk yang dikembangkan maka penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat
baik dengan persentase 81% . Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik
dengan persentase 90%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria sangat baik dengan
persentase 87%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase
87%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan
persentase 86%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki
kriteria sangat baik dengan persentase 85.56%, uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat
baik dengan persentase 88.89%, dan uji coba kelompok lapangan terbatas dengan kriteria
sangat baik dengan rata-rata 90.88%. 3) Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar
siswa dengan persentase posttest 80% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase pretest
sebesar 69,37%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran
interaktif hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas IX SMP
Amanah Islamic Modern School Medan pada pembelajaran menulis teks cerpen berbasis
pengalaman. Implikasi media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis
pengalaman adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan
materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi sisws dalam menerima dan menerapkan
materi pelajaran yang diberikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 813 Ram p |
Keywords: | media pembelajaran, interaktif , menulis, teks cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35964 |