Pahlawan, Rhindra (2019) Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Kimia Dasar Inovatif Sesuai dengan Kurikulum KKNI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176141008 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 8176141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. NIM 8176141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM 8176141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8176141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 8176141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 8176141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 8176141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 8176141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM 8176141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 8176141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk buku penuntun praktikum
kimia dasar inovatif untuk program studi agroteknologi sesuai kurikulum KKNI.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Buku
penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran berbasis
Problem Based Learning. Lokasi penelitian di Laboratorium Kimia, Fakultas
Pertanian, Program Studi Agroteknologi, Universitas Medan Area. Buku
penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan Standar kelayakan BSNP yang
menetapkan 4 aspek kelayakan buku yaitu, kelayakan isi, kelayakan penyajian,
kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian diperoleh bahwa
validasi buku penuntun praktikum kimia dasar yang telah dikembangkan secara
umum menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3.90 artinya sangat valid serta tidak
perlu direvisi dan sudah sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba buku
penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh hasil belajar praktikan dengan
rata-rata N-gain sebesar 0,75 yang dikategorikan tinggi. Hasil keterampilan
praktikan rata-rata nilai kelas sebesar 93,52 yang dikategorikan sangat baik. Hasil
penilaian buku penuntun praktikum yang dilakukan oleh praktikan setelah
menggunakan buku penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan
memiliki persentase 88,10% dengan kategori sangat baik. Hasil respon mahasiswa
terhadap kegiatan praktikum menggunakan buku penuntun kimia dasar yang telah
dikembangkan memiliki persentase 88,33% yang dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.71 Pah p |
Keywords: | Buku penuntun praktikum, Model ADDIE, Penelitian pengembangan, Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 04:14 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35934 |