Sabatini, Silva (2019) THE LEARNING MATERIAL DEVELOPMENT OF ECOLOGY TOPIC BASED ON CURRICULUM INTEGRATION TO INCREASE SCIENTIFIC LITERACY SKILL OF NATIONAL PLUS SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, UNIMED.
1. Reg. Number 8166174019 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. Reg. Number 8166174019 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. Reg. Number 8166174019 Abstract.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. Reg. Number 8166174019 Acknowledgment.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. Reg. Number 8166174019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. Reg. Number 8166174019 List Of Figures.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. Reg. Number 8166174019 List Of Table.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8. Reg. Number 8166174019 List Of Appendix.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. Reg. Number 8166174019 Bab I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. Reg. Number 8166174019 Bab V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. Reg. Number 8166174019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Globalisasi mendorong perubahan peran lembaga pendidikan tinggi, mereka ditantang
untuk mengubah kurikulum secara total. Salah satu bentuk pengembangan kurikulum yang
baru-baru ini mendapat perhatian serius adalah kurikulum integrasi. Kurikulum integrasi
adalah perpaduan dari kurikulum nasional saat ini di Indonesia (Kurikulum 2013) dan
kurikulum asing dari CIE (Cambridge International Examination). Masalahnya adalah tidak
tersedianya bahan ajar yang memadai untuk kedua kurikulum secara bersamaan untuk
diselenggarakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kelayakan materi
pembelajaran pada topik ekologi dan lingkungan berdasarkan kurikulum integrasi dan semua
komponen literasi ilmiah. Kelayakan materi pembelajaran diperoleh melalui validasi oleh
para ahli konten literasi ilmiah, ahli desain, penilaian dari guru biologi dan tanggapan siswa.
Penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall yang memiliki 10 tahap. Validasi data
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut
kurikulum integrasi dan literasi sains oleh para ahli konten, kelayakan materi pembelajaran
sangat layak, di mana kelayakan berdasarkan sains sebagai tubuh pengetahuan memiliki skor
rata-rata 93,75%, sedangkan sains sebagai cara investigasi 88,54%, sains sebagai cara
berpikir 87,5% dan untuk interaksi teknologi sains dan masyarakat 86,25%. Kelayakan desain
bahan pembelajaran yang sesuai dengan ahli desain sangat layak dengan presentase 87,20%.
Hasil penilaian guru biologi pada bahan ajar ini sekitar 93,74% (sangat layak). Respon siswa
terhadap pengujian awal lapangan individu adalah 83,92% (sangat layak), pengujian
kelompok kecil adalah 78,56% (layak) dan pengujian kelompok besar adalah 80,84% (sangat
layak). Hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen dan kontrol meningkat. Hasil uji-t tidak
berpasangan yang telah diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau Sig. (2 tailed) =
0,000. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan lebih tinggi pada
kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, karena Sig. (2 ekor) < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577 Sab l |
Keywords: | Literasi sains, ekologi, lingkungan, bahan ajar, kurikulum integrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 03:23 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35927 |