nasution, Nurliyah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172045 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM 8166172045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. NIM 8166172045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM 8166172045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 8166172045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
6. NIM 8166172045 TABLES.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
7. NIM8166172045 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM 8166172045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM 8166172045 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software
Macromedia flash Menerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian belajar siswa.
Tesis: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas proses
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menerapkan model
pembelajaran discovery, meliputi: (a) kadar aktivitas aktif siswa selama proses
pembelajaran, (b) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran, (c)
pencapaian tujuan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemahaman konsep baik
secara individu maupun klasikal;2) Kepraktisan proses pembelajaran 3)
peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan media
pembelajaran yang dikembangkan 4) kemandirian belajar siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA3 MAN Simalungun
sebanyak 40 orang dan objek penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas proses
pembelajaran yang dilakukan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar
observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru, angket respons
siswa serta tes kemampuan pemahaman konsep juga instrumen kemandirian
belajar siswa. Media pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan (RPP, buku siswa, dan LAS) sudah memenuhi tingkat kevalidan,
dimana secara berturut-turut nilainya adalah 4,10; 4,17; 4,18; dan 4,03 demikian
pula untuk tes kemampuan pemahaman konsep dan instrument kemandirian
belajar siswa dengan koefisien realibilitas untuk pretes sebesar 0,867 dan postes
sebesar 0,911 untuk tes kemampuan pemahaman konsep. Berdasarkan data yang
diperoleh dari ujicoba terhadap media pembelajaran yang diketahui bahwa: 1)
media yang dikembangkan telah dapat memenuhi kepraktisan dan keeefektivan
pada proses pembelajaran, dimana: a) keterlaksanaan media berada pada kategori
tinggi (b) kadar aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi waktu ideal dengan
pemanfaatan media yang baik dalam pembelajaran pada ujicoba I maupun ujicoba
II, (c) respons siswa terhadap perangkat dan proses pembelajaran sudah positif
pada ujicoba I maupun ujicoba II, (d) persentase ketuntasan belajar pada saat
postes telah mencapai batas ketuntasan minimal, yaitu 87,5% siswa mendapat nilai
lebih dari 3.00 (B); 2) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa
pada uji coba I pada pretes rataan nilai 39 menjadi 68,1 pada posttes (rata-rata Ngain = 0,461) dan uji coba II pada pretes rataan nilai 44,5 menjadi 79,1
posttes(rata-rata N-gain = 0,59) . 3) terjadi peningkatan kemandirian belajar pada
uji cobia dan uji coba II untuk setiap indikator.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Nas p |
Keywords: | Media pembelajaran, model discovery, kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35900 |