Suhendro (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTs SINAR ISLAMI BINGAI. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8156172039 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
02. NIM. 8156172039 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
03. NIM. 8156172039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
04. NIM. 8156172039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
05. NIM. 8156172039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
06. NIM. 8156172039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
07. NIM. 8156172039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
08. NIM. 8156172039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
09. NIM. 8156172039 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8156172039 BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
14. NIM. 8156172039 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan
keefektivan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang telah
dikembangkan.dan Menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran
yang valid berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa di MTs Sinar
Islami Bingai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap
yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek
Penelitian adalah Perangkat pembelajaran pokok bahasan persamaan dan
pertidaksamaan liniersatu variabel. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII MTs
Sinar Islami Bingai. Uji coba I di kelas VII-2 dan uji coba II di kelas VII-1 MTs
Sinar Islami Bingai. Dari hasil pengembangan ini diperoleh: (1) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan valid, (2) perangkat pembelajaran yang
dikembangkan praktis dilihat dari respon para ahli yang menyatakan perangkat
pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi (3)
perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan
belajar siswa secara klasikal telah tercapai, respon siswa positif terhadap
komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang
dikembangkan,; dan kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh nilai
rata-rata yang berada pada kategori baik. Peningkatan kemandirian belajar siswa
mencapai rata-rata sebesar 79,09 pada uji coba I dan meningkat menjadi 82,35
pada uji coba II
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Suh p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35897 |