Ulandari, Lavenia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS DANSELF-EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171022 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 8166171022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
3. NIM 8166171022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
4. NIM 8166171022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 8166171022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
6. NIM 8166171022 TABLES.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
7. NIM 8166171022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
8. NIM 8166171022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM 8166171022 BIBLIOGRAPGY.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan perangkat pembelajaran
yang berkualitas yang dikembangkan berdasarkan pendekatan matematika
realistik; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan matematika realistik; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan matematika realistik; 4) Menganalisis jenis kesalahan jawaban siswa
dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model
pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Uji coba perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dilakukan sebanyak dua
kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba yang pertama (uji
coba I) dilakukan di kelas VII-6 dan uji coba yang kedua (uji coba II) dilakukan di
kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing;
2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
matematika realistik pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 36,11 dan
posttest 69,44, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 63,89
dan posttest 88,89; 3) pencapaian self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik
pada uji coba I memperoleh nilai rata-rata 68,89 dan meningkat pada uji coba II
dengan memperoleh nilai rata-rata 73,61; 4) jenis kesalahan yang sering dilakukan
siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada
uji coba I adalah kesalahan konsep dan prosedur sedangkan pada uji coba II
kesalahan yang sering terjadi adalah operasi perhitungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.4 Ula p |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy siswa, model 4-D, pengembangan perangkat pembelajaran, pendekatan matematika realistik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 03:36 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35892 |