Zunaiedy, Doni Andriyan (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NHT MELALUI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMK PAB 1 HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172015 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 8166172015 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM 8166172015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 8166172015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM 8166172015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM 8166172015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 8166172015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM 8166172015 BAB I.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
12. NIM 8166172015 BAB V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 8166172015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kombinatorik
matematis siswa dengan menggunakan model koperatif tipe NHT, meliputi (1)
proses berpikir siswa pada kemampuan kombinatorik (2) Kemampuan
kombinatorik siswa setelah pembelajaran koperatif tipe NHT dan (3) kadar
aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X-Multimedia2 SMKPAB 1 Helvetia sebanyak 30 orang dan
objek penelitian ini adalah kemampuan kombinatorik siswa.Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari
tes kemampuan kombinatorik, dan angket observasi aktivitas belajar siswa,
Analisis data menggunakan model NHT (Numbered Head Together). Berdasarkan
data yang diperoleh, proses berpikir siswa pada kemampuan kombinatorik setelah
pembelajaran dengan model koperatif tipe NHT dikategorikan dalam tiga kategori
yaitu tinggi,sedang dan rendah. (1) Siswa dengan kemampuan kombinatorik
tinggi memiliki proses berpikir yang konsep dan rapi dalam menyelesaikan tes
kemampuan kombinatorik. Siswa dengan kemampuan kombinatorik sedang
memiliki proses berpikir yang konsep namun kurang rapi dalam menyelesaikan
tes kemampuan kombinatorik. Siswa dengan kemampuan kombinatorik rendah
dalam memahami masalah menggunakan proses berpikir yang tidak sempurna,
tidak konsentrasi dan tidak mampu menggunakan alternatif untuk menjawab serta
tidak konsep dan tidak rapi.(2) Kemampuan kombinatorik yang dimiliki siswa
SMK PAB 1 Helvetia setelah pembelajaran koperatif tipe NHT baik.(3)
Keseluruhan hasil presentase siswa yang digunakan selama kegiatan belajar
mengajar berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Zun p |
Keywords: | Kemampuan Kombinatorik, Koperatif Tipe NHT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 03:29 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35891 |