Muhammad, Mar’i (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN GAYA LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling menggunakan kaki bagian luar pada permainan sepak bola melalui penerapan pembelajaran gaya latihan padasiswa Kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Latihan dribbling dalam permainan sepak bola sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui gaya latihan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling menggunakan kaki bagian luar pada siswa Kelas XISMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 meningkat. (1) Tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 21 siswa (60%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 74,91. (2) Tes hasil belajar siklus II diperoleh sebanyak 33 siswa (94,28%) telahmencapai ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (5,72%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 74,91 dari hasil belajar siswa dari tes awal yaitu nilai rata-rata 82,45 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 94,28%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Gaya Latihan, Hasil Belajar Dribbling, Kaki Bagian Luar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:29 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35663 |