Munawaroh, Lilik (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTS SWASTA KECAMATAN KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
809122038 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
809122038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
809122038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
809122038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
809122038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
809122038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
809122038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
809122038 Bab I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
809122038 Bab V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan (PKn) siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn antara siswa dengan karakterk komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan karakter komunikasi interpersonal rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PKn. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Islamiyah Londut terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa adalah 108 orang dan kelas VIII MTs Assyarif Kuala Beringin terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 94 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak kelompok cluster random sampling), dalam hal ini diperoleh kelas VIII-1 dan VIII MTs Islamiyah Londut (56 orang) diajar dengan strategi inkuiri sosial dan kelas VIII-3 dan VIII 2 (62 orang) diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri sosial ( = 70,93) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( = 69,69) dengan Fhitung 7,03 > Ftabel 3,928, (2) rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan komunikasi interpersonal tinggi ( = 73,42) lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa dengan komunikasi interpersonal rendah ( = 67,80), dengan Fhitung 44,63 > Ftabel 3,928, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PKn dengan Fhitung 15,04 > Ftabel 3,928. Hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik komunikasi interpersonal tinggi lebih tepat diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri sosial sedangkan siswa dengan karakteristik komunikasi interpersonal rendah lebih tepat diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.4 Mun p |
Keywords: | Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Komunikasi interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3566 |