Azharsyah, AL (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SMP. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain. Metode penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas dan Subjek berjumblah 36 siswa. instrumen penelitianberupa lembar observasi danportofolio.untuk memperoleh data maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk lari sprint 50 Meter dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase (55,56%) dengan nilai rata-rata 64,58. dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 16 siswa (44.44%). Ini berarti Kriteria Ketuntasan Minimal (>75) belum tercapai, maka dilanjutkan dengan tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (86,11%) dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa (13,89%). Ini berarti kriteria ketuntasan minimal (>75) tercapai. berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprintpada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Bermain, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:19 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35658 |