PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN MEDIA MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA

Prastian, Riki (2018) PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN MEDIA MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui media pembelajaran yang dimodifikasi pada SMP berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: Dari tes awal nilai rata-rata 63,08%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi melalui beberapa variasi pembelajaran siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I nilai rata-rata 73,24. Kemudian dilakukan kembali tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 27 siswa dengan (84,38%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (15,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 81,83. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 8,59.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar, Tolak Peluru, Media Modifikasi, Bola Plastik.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 29 Jul 2019 09:05
Last Modified: 28 Nov 2019 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35645

Actions (login required)

View Item
View Item