Butar-butar, Novita Sari (2019) Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131020 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 4153131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 4153131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. NIM. 4153131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
5. NIM. 4153131020 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM. 4153131020 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 4153131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 4153131020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
9. NIM. 4153131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4153131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 4153131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia yang inovatif berbasis literasi sains pada pokok bahasan hidrolisis garam. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Sementara itu, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas XI IPA di SMA Negeri 14 Medan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dua buah bahan ajar dianalisis berdasarkan aspek literasi sains. Bahan mengajar yang telah dikembangkan, dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan aspek literasi sains dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Bahan mengajar yang telah disusun, kemudian diuji untuk siswa untuk melihat pengaruh serta korelasi antara minat dan hasil belajar kimia siswa. Pengujian siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, eksperimen I dan eksperimen II. Terhadap kelas eksperimen I siswa diberi bahan ajar yang telah dikembangkan, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan bahan ajar yang sudah ada sebelumnya. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak menunjukkan thitung > 1/2α ttabel (2,44 > 2,0105) maka Ho ditolak. Ini berarti ada perbedaan hasil belajar kimia siswa pada kedua kelas. Pada kelompok eksperimen I diperoleh rhitung sebesar 0,61 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Pada kelompok eksperimen II diperoleh rhitung sebesar 0,41 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Dengan ketentuan rhitung >rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diketahui ada korelasi yang signifikan antara minat dan hasil belajar kimia siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-KIM-030 |
Keywords: | Bahan ajar; literasi sains; hidrolisis garam; hasil belajar; minat belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 03:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35582 |