Alfian, M. (2012) HUBUNGAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM BENTUK MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI MTS KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
081188130016 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
081188130016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
081188130016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
081188130016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
081188130016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
081188130016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
081188130016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
081188130016 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
081188130016 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
081188130016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan atau sekolah akan berhasil jika seluruh komponen pendidikan yang terkait berfungsi dan bersinergi secara optimal. Salah satu komponen yang sangat menentukan keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah adalah guru. Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi guru dengan peningkatan mutu sekolah di MTs Kota Binjai; 2) hubungan pengembangan profesional guru dalam bentuk MGMP dengan peningkatan mutu sekolah di MTs Kota Binjai; dan 3) hubungan kompetensi guru dan pengembangan profesional guru dalam bentuk MGMP secara bersama-sama dengan peningkatan mutu sekolah di MTs Kota Binjai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey melalui studi deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru MTs Negeri dan Swasta kota Binjai sebanyak 258 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 90 orang guru yang ditentukan dengan teknik non probability dan purposive sampling yaitu guru-guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan guru-guru IPA. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan peningkatan mutu sekolah di MTs se Kota Binjai. Variabel kompetensi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 9,02% terhadap peningkatan mutu sekolah; 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengembangan profesionalisme guru dalam bentuk MGMP dengan peningkatan mutu sekolah di MTs se Kota Binjai. Variabel pengembangan profesionalisme guru dalam bentuk MGMP memberikan sumbangan efektif sebesar 16,68% terhadap peningkatan mutu sekolah; dan 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi guru dan pengembangan profesionalisme guru dalam bentuk MGMP secara simultan (bersama-sama) dengan peningkatan mutu sekolah di MTs se Kota Binjai. Total sumbangan efektif variabel kompetensi guru dan pengembangan profesionalisme guru dalam bentuk MGMP terhadap peningkatan mutu sekolah sebesar 25,70%. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka peningkatan mutu sekolah diharapkan kepada para guru untuk lebih meningkatkan kompetensinya dan memberdayakan MGMP sebagai wadah meningkatkan profesionalisme guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.24 Alf h |
Keywords: | Mutu sekolah; Kompetensi guru; Profesionalisme |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD8038 Professions (General). Professional employees L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3556 |