Pangaribuan, Tangson R. (2012) KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF : STUDI KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
071188210036 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
071188210036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188210036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
071188210036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071188210036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071188210036 Bab I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071188210036 Bab V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071188210036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan: (1) kecerdasan emosional dan kemampuan menulis narasi; (2) Berpikir kreatif dengan kemampuan menulis narasi; serta (3) kecerdasan emosional dan berpikir kreatif secara bersama-sama dengan dengan kemampuan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan teknik korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Medan. Sampel yang digunakan sebanyak 40 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk memperoleh data kecerdasan emosional, berpikir kreatif, dan kemampuan menulis narasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan karekteristik masing-masing variabel yang terdiri dari skor terendah, skor tertinggi, interval data, mean, modus, median, dan standar deviasi. Analisis inferensial dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Analisis inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi korelasi dan regreasi jamak, dan analisis korelasi parsial. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (X1) dengan kemampuan menulis narasi (Y) dengan kadar hubunga (ry1) sebesar 0.747 dan dengan bentuk persamaan regresi Ŷ = 35.55 + 0.74X1. Koefisien determinasi menyatakan hubungan kedua variable ini diperoleh sebesar (ry1¬)2 = (0,747)2 = 0,5580 artinya, bahwa 55.80% dari kemampuan menulis narasi mahasiswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional; (2) terdapat hubungan positif antara berpikir kreatif dengan kemampuan menulis narasi (Y) dengan ry2 = 0.707 dan persamaan regresi Ŷ = 57.69 + 0.90X2. Koefisien determinasi X2 dengan Y diperoleh sebesar 0,4999 (r2 = 0.4999) artinya, bahwa 49.99% kemampuan menulis narasi mahasiswa dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif; dan (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (X1) dan berpikir kreatif (X2) secara bersama-sama Y dengan Ry12 = 0.856 dan persamaan regresi sebesar Ŷ = 15.55 + 0.54 X1 + 0.60X2. Koefisien determinasi untuk korelasi jamak (R2) diperoleh sebesar 0,7327 yang berarti bahwa kemampuan menulis narasi mahasiswa sebanyak 73,27% di antaranya dipengaruhi oleh kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan berpikir kreatif. Penelitian ini pada akhirnya menyimpulkan bahwa kemampuan menulis narasi dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan variable kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.11 Pan k |
Keywords: | Menulis; Narasi; Berpikir kreatif |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3550 |