Lubis, Nuriah Ulfah (2012) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
809325015 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
809325015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
809325015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
809325015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
809325015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
809325015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
809325015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
809325015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
809325015 BAB I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
809325015 BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
809325015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung?, (2) Apakah terdapat hubungan positif iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung?, (3) Apakah terdapat hubungan positif antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara: (1) persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) iklim organisasi dengan kinerja guru, (3) persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung yang berjumlah 235 guru dan sampel penelitian sebanyak 148 guru, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dengan ujicoba lebih dahulu. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru tergolong ke dalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepi guru tentang kepemimpianan kepala sekolah dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0,521. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0,400. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepi guru tentang kepemimpianan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0,627. Pengujian dilakukan pada α = 0,05, dk = 145. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dibutuhkan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi yang baik. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Kota Medan, kepala sekolah, dan guru dalam hal peningkatan kinerja guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi terhadap penelitian lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 2 Lub h |
Keywords: | Guru; Kepemimpinan; Kepala sekolah; Iklim organisasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3546 |