Sembiring, Asrina Sari (2012) THE EFFECT OF TEACHING METHODS AND STUDENTS LEARNING MOTIVATION ON STUDENTS NARRATIVE WRITING ACHIEVEMENT. Masters thesis, UNIMED.
082188330078 Abstrak.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
082188330078 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
082188330078 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
082188330078 Bab I.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
082188330078 Bab V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
082188330078 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) Cooperative Language Learning and Task Based Language Teaching secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis naratif (2) motivasi belajar siwa secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis naratif (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siwa terhadap hasil belajar siswa dalam menulis naratif. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX tahun ajaran 2010/2011 SMP Muhammadiyah -01 Medan. Ada enam kelas paralel yakni T1, T2, U, A, B, dan C. Dengan menggunakan teknik multistage cluster random sampling, empat kelas yakni T1, U, A, dan B dipilih sebagai sampel. Jumlah sampel ada 120 orang, dan 30 orang siswa diambil sebagai sampel dari tiap-tiap kelas. Kelas T1 dan A akan diajar dengan menggunakan Cooperative Language Learning, kemudian kelas U dan B akan diajar dengan menggunakan metode Task Based Language Teaching. Motivasi belajar siswa akan di ukur dengan menggunakan angket. Hasil belajar siswa dalam menulis naratif akan diukur dengan menggunakan tes menulis sesuai topik yang dipilih. Data dianalisis dengan menggunakan Anava 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode Cooperative Language Learning dan Task Based Language Teaching secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis naratif dengan nilai F¬ Observed lebih besar dari F Table pada level signifikansi α = 0,05 ( FOA = 35,43 > F Table = 3,92, (2) Motivasi belajar siswa secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis naratif dengan nilai F¬ Observed lebih besar dari F Table pada level signifikansi α = 0,05 ( FOB = 5,93 > F Table = 3,92, (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajas siswa terhadap hasil belajar sowa dalam menulis dengan nilai F¬ Observed lebih besar dari F Table pada level signifikansi α = 0,05 ( FOAB = 25,55 > F Table = 3,92 ). Dengan demikian metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis naratif. Ini berarti guru-guru seharusnya menerapkan berbagai metode pembelajaran seperti CLL dan TBLT dan lebih memperhatikan motivasi belajar siswa di dalam usaha mereka untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam menulis naratif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Sem e |
Keywords: | Belajar; Narasi; Grammar; Writing assessment; Metode pengajaran; Motivasi |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3545 |