Komisia, Faderina (2012) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
8106142006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8106142006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
8106142006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8106142006 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8106142006 BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8106142006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa, dan (2) Mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dengan metode demonstrasi dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa, (4) Mengetahui pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, dan (5) Mengetahui perbedaan pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode eksperimen dan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA, semester genap, tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah siswa SMA Santa Maria yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas XI- IPA 1 dan XI- IPA 2 dan diupayakan homogen berdasarkan hasil pre tes tersebut. Instrumen penelitian terdiri dari : 1) tes hasil belajar (untuk mengetahui hasil belajar siswa), dan 2) angket (untuk mengetahui minat berwirausaha siswa). Rancangan penelitian yang dilakukan yaitu rancangan penelitian eksperimental. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji : 1) penerapan pendekatan CTL dengan metode eksperimen dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa adalah uji beda nyata, (2) penerapan pendekatan CTL dengan metode demonstrasi dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar adalah uji beda nyata (3) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa adalah uji analisis regresi linear, (4) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa adalah uji analisis regresi linear, dan (5) terdapat perbedaan pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode eksperimen dan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa adalah uji analisis regresi. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk uji homogenitas.Berdasarkan uji statistik tersebut di atas pada tingkat signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan pendekatan CTL dengan metode eksperimen dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa, (2) penerapan pendekatan CTL dengan metode demonstrasi dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa, (3) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa, (4) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, dan (5) terdapat perbedaan pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode eksperimen dan pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 Kom p |
Keywords: | Belajar; Kimia; Wirausaha; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3541 |