Ziyadi, Ahsan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN KARTU KEYAKINAN DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182001 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8166182001 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 8166182001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8166182001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8166182001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 8166182001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 8166182001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8166182001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 8166182001 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 8166182001 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 8166182001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn peserta didik yang
diajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique VCT dan
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional dan eksperimen
melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan
kecerdasan emosi mempengaruhi hasil belajar PKn peserta didik di SMP Negeri 2
Padangsidimpuan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Eksperimen design dengan bentuk
Pretest-postest Control Group Design sehingga desain penelitian ini
menggunakan model pembelajaran VCT. Eksperimen yang diteliti dengan
penelitian awal adalah melakukan uji coba tes hasil belajar PKn untuk melihat
interaksi awal antara pemberlakuan eksperimen dengan kelas kontrol yang akan
melihat sejauh kesiapan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan,
yang kemudian akan diuji cobakan setelah tes awal dilakukan model pembelajaran
VCT berbantuan kartu keyakinan dengan kecerdasan emosi skala likert, siswa
untuk mencari dan menemukan kesadaran diri, manajemen diri, motivasi diri,
empati dan keterampilan sosial. Subjek uji coba dalam penelitian eksperimen
model pembelajaran VCT ini adalah subjek siswa kelas VII SMP Negeri 2
Padangsisdimpuan, yaitu kelas VII-4 dan VII-5 kelas kontrol dan VII-6 dan VII-8
kelas eksperimen yang akan membandingkan kelas kontrol dan eksperimen.
Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan random sampling, yang terdiri dari
123 orang siswa untuk uji coba pada kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
dan 62 orang siswa untuk uji coba pada model pembelajaran VCT dan 61 untuk
tidak diberlakukannya pembelajaran VCT. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan tes hasil belajar PKn yakni pilihan berganda dan skala kecerdasan emosi
Likert dengan menggunakan teknik analisis data Analisis Two Varians
(ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh interaksi yang signifikan
model pembelajaran VCT dan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar PKn
dengan kelas eksperimen 84,87 sementara kelas kontrol rata-rata 81,73. Model
pembelajaran VCT dan kecerdasan emosi mempengaruhi hasil pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan. Pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan
emosi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
adalah 71,6%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ziy p |
Keywords: | Pembelajaran VCT, Kecerdasan Emosi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2019 09:24 |
Last Modified: | 24 May 2019 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35398 |