Prianti, Ajeng Lola (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA DI SMA NEGERI SE-KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166173001 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 8166173001 PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8166173001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM 8166173001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8166173001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM 8166173001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM 8166173001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM 8166173001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 8166173001 BAB I.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
13. NIM 8166173001 BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
1. NIM 8166173001 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
14. NIM 8166173001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
2. NIM 8166173001 PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains, kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan sikap ilmiah siswa berdasarkan lokasi sekolah, berdasarkan jenis
kelamin pada materi sistem respirasi pada manusia di kelas XII SMA Negeri se-Kota
Langsa. Penelitian merupakan penelitian Ex Post Facto. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas XII IPA sebanyak 150 orang. Keterampilan proses sains dan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh menggunakan dalam bentuk tes uraian/essay,
sedangkan sikap ilmiah diperoleh dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh
dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan proses sains siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong Tinggi (74,02).
Berdasarkan lokasi sekolah keterampilan proses sains SMA Negeri Se-kota Langsa
berbeda signifikan diperkotaan lebih tinggi yaitu (75,28) dibandingkan dengan SMA yang
berada di daerah desa (73,18). Berdasarkan Jenis kelamin keterampilan proses sains tidak
berbeda signifikan pada perempuan tergolong lebih tinggi (74,55) dibandingkan dengan
keterampilan proses sains laki-laki (71,59) tergolong Tinggi. Kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong sedang (67,29). Berdasarkan lokasi
sekolah kemampuan berpikir tingkat tinggi SMA Negeri Se-kota Langsa berbeda
signifikan di daerah kota lebih tinggi (71,91) di bandingan SMA yang berada di daerah
desa (64,21). Berdasarkan jenis kelamin kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak berbeda
signifikan pada perempuan tergolong sedang (67,49) hal ini tidak berbeda dengan lakilaki yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi tergolong sedang (65,31). Sikap
ilmiah siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong baik (76,96). Berdasarkan lokasi
sekolah sikap ilmiah siswa SMA terdapat perbedaan yang signifikan di daerah perkotaan
tergolong lebih baik (83,00) dibandingkan SMA yang berada di daerah pedesaan
tergolong baik (72,93). Namun juga, Sikap ilmiah siswa perempuan tergolong baik
(78,32) tidak terdapat perbedaan signifikan pada siswa laki-laki juga tergolong baik
(71,89).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 575.7 Pri a |
Keywords: | Analisis, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah, sistem respirasi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2019 08:41 |
Last Modified: | 24 May 2019 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35395 |