RAJAGUKGUK, ECCI ROSIDA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS KELAS VI SD NEGERI 030288 BATANG BERUH TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.114511214033_COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2.NIM.114511214033_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3.NIM.114511214033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4.NIM.114511214033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5.NIM.114511214033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6.nim.114511214033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7.NIM.114511214033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8.NIM.114511214033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9.NIM.114511214033_BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13.NIM.114511214033_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14.NIM.114511214033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 030288 Batang Beruh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang konduktor dan isolator panas di kelas VI SD Negeri No. 030288 Batang Beruh T.A 2017/2018. Jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa percobaan pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa tidak lagi hanya melihat dan menghayal
tetapi siswa dapat mencoba dan menemukan sendiri melalui pengamatan. Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar di bawah 80, yaitu 14 orang siswa (46,6) yang belum tuntas dan memiliki tingkat ketuntasan belajar di bawah 80 dan sebanyak
16 orang (53,3) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata – rata kelas 70, sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 9 orang siswa (30) yang belum tuntas yang memiliki tingkat kelulusan belajar di bawah 80 dan sebanyak 22 orang yang telah tuntas belajar dengan rata – rata kelas 70,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi konduktor dan isolator berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 27 orang siswa (90) yang telah tuntas belajar dan terdapat 3 orang siswa (10) yang belum tuntas dalam belajar dengan rata – rata nilai 80. Dengan demikian
dapat diketahui bahwa kemampuan siswa bahwa kemampuan dalam memahami materi konduktor dan isolator panas telah mencapai ketuntasan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 358 |
Keywords: | Metode Eksprimen;Konduktor Dan Isolator Panas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:32 |
Last Modified: | 23 May 2019 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35221 |