RITONGA, HENDRI (2018) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142131003 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 3142131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 3142131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 3142131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 3142131003 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 3142131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 3142131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3142131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 3142131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
14. NIM. 3142131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
15. NIM. 3142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guru IPS terpadu di SMP Negeri 27 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 3 orang guru dan sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru dalam perencanaan berdasarkan penilaian IPKG I dengan hasil GR.01 dengan skor 59.16, GR.02 skor 56.66 dan GR.03 skor 68.33. Sedangkan dalam pelakasanaan berdasarkan penilaian IPKG II dengan hasil GR.01 dengan skor
52.60, GR.02 skor 67,19 dan GR.03 69.27. Setiap kendala tersebut tidak hanya dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya muda, tetapi juga dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya lebih lama. Latar belakang pendidikan ternyata sangat mempengaruhi kegiatan mengembangkan pembelajaran, karena guru tidak semuanya menguasai teori geografi, ekonomi dan sejarah sehingga
mengalami kendala pada materi-materi pelajaran yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru-guru tersebut.
Pada penilaian IPKG I yang termasuk kategori kurang ada 67%, yang termasuk kategori cukup ada 33% dalam perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada penilaian IPKG II ada 2 (67%) guru yang termasuk
kedalam kategori cukup 1 (33%) termasuk kedalam kategori kurang dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 056 |
Keywords: | analisis,kendala guru, Pembelajaran IPS Terpadu. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:25 |
Last Modified: | 17 May 2019 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35213 |