SILAEN, RUMINTA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA LAPORAN MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS VI SDN 081234 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 114510614067 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 114510614067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
NIM. 114510614067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
NIM. 114510614067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
NIM. 114510614067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 114510614067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM. 114510614067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM. 114510614067 BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
NIM. 114510614067 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
NIM. 114510614067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca laporan pada siswa kelas VI SD. Negeri 081234 Sibolga pada T.A. 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas VI SD. Negeri 081234 Sibolga T.A. 2017/2018 dalam membaca laporan pengamatan melalui penerapan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Negeri 081234 Sibolga sebanyak 26 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD. Negeri 081234 Sibolga T.A. 2017/2018. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan lembar evaluasi pada pelaksanaan siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II diperoleh tingkat keberhasilan belajar siswa, dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 66,15 dan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 38,46 % atau 10 orang siswa dari 26 siswa. Dengan metode yang sama, pada kegiatan pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,92 dengan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 84,62 % atau 22 orang siswa. Demikian juga dengan hasil penilaian observer terhadap pengajaran guru pada siklus I mencapai 66,67 % dari seluruh indikator penilaian, dan meningkat pada siklus II menjadi 91,67 %. Dan penilaian observer terhadap aktivits belajar siswa selama diterapkannya metode demonstrasi pada siklus I mencapai 66,67 % saja dan meningkat menjadi 93,75 % dari seluruh indikator penilaian. Maka dapat disimpulkan dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaaca laporan pada siswa kelas VI SD. Negeri 081234 Sibolga T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 370 |
Keywords: | kemampuan membaca laporan, metode demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:21 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35209 |