SIRINGO RINGO, NORMA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SRTUKTUR ANALISIS SISTIMATIK (SAS) PADA MATERI MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 034817 KUTA BABO KERAJAAN KAB. PAKPAK BHARAT T/P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitianbertujuanuntukmeningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri 034817 Kuta Babo Kecamatan Tinada Kabuapaten Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 034817 Kuta Babo yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus dilakukan dua kali
pertemuan. Pada akhir setiap siklus dilakukan tes kemampuan membaca siswa dengan berpedoman pada lembar penilaian keterampilan membaca.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pada siswa kelas I SD Negeri 034817 Kuta Babo Kecamatan Tinada Kabuapaten Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran strutur analisis sintetik dan pemanfaatan media kartu huruf. Hal ini terbukti dari; 1) ketepatan siswa dalam menyuarakan tulisan, lafal dan intonasi; 2) kelancaran membaca; 3) siswa dapat menganalisis kalimat menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf, kemudian mengembalikan kalimat seperti semula; 4) siswa berani membaca sendiri di depan kelas. Selain itu siswa menjadi lebih aktif, merasa senang mengikuti pembelajaran sebab guru menggunakan berbagai macam media seperti, kartuhuruf.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 396 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 08:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35178 |