PADANG, RISMA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENIGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA MATERI MENGHARGAI PERANAN DAN TOKOH PEJUANG DALAM MEMPERSIAPKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI SD NEGERI BULUH TELLANG KELAS V T.P2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya
keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Buluh Tellang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang materi menghargai peranan dan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture.
Penelitian ini merupakan PTK.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Buluh Tellang tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus. Pada setiap akhir siklus
diberikan tes pilihan berganda dan dilakukan observasi
untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS.
Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa pada pratindakan sebesar 30%, siklus I sebesar 57% dan siklus II 79%. Dan hasil Belajar siswa pada pra tindakan nilai rata-rata 38 dengan ketunsatan 0%, siklus I nilai rata-rata 69 dengan ketunsatan 59%, dan siklus II nilai rata-rata 83 dengan ketunsatan 92%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model
pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi menghargai peranan dan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Buluh Tellang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 397 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 08:50 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35177 |