LESTARI, ASTRI (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111030 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 3142111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 3142111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 3142111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 3142111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM. 3142111030 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM. 3142111030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 3142111030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3142111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 3142111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 3142111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina sikap Nasionalisme Siswa di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berlokasi di jalan Mesjid Nomor 1, Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan fakta-fakta yang ada dan berdasarkan penelitian di lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu dengan observasi secara langsung ke SMK Swasta PAB 6 Medan Estate, menyebarkan angket, wawancara dan dokumentasi/studi pustaka. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate yang berjumlah 164 orang siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25% dari populasi yang ada yaitu 41 orang yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa SMK Swasta PAB 6 Medan Estate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi persentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn telah cukup baik dalam membina sikap nasionalisme siswa dengan persentase 70.63 %. Adapun upaya kedepannya yang dilakukan oleh guru PKn dalam membina sikap nasionalisme siswa di era globalisasi saat ini yaitu dengan memberikan siswa terlebih dahulu pemahaman materi dari nasionalisme (cinta tanah air), kemudian selanjutnya memberikan kepercayaan penuh kepada siswa untuk mengembangkan sikap nasionalisme siswa masing-masing namun dengan penuh pengawasan dan bimbingan guru, memberikan contoh sikap dalam pembinaan sikap nasionalisme yang diterapkan guru PKn terhadap siswanya didalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Selain itu seorang guru PKn juga harus mampu menjadi seorang teladan yang baik bagi seorang siswanya terutama dalam hal pengaplikasian sikap nasionalisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 027 |
Keywords: | Peran Guru; PKn; Sikap Nasionalisme |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35148 |