Sihombing, Lopiana (2018) PERAN KETELADANAN GURU PPKN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111011 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 3142111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 3142111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 3142111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 3142111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 3142111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 3142111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 3142111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
12. NIM. 3142111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
13. NIM. 3142111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keteladanan guru PPKn
dalam membina kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pangaribuan,
yang beralamat di JL. Sisingamangaraja Pangaribuan 22472 Sumatera Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang
apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Instrument pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung
ke SMA Negeri 1 Pangaribuan, dan menyebarkan angket. Jumlah populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 107 orang. Sampel
yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 27 orang yaitu 25% dari jumlah
populasi dengan menggunakan teknik sampel acak ( random sampling). Adapun
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu peran keteladanan guru
PPKn sudah berperan cukup baik/cukup maksimal dalam membina kedisiplinan
siswa melalui memberi arahan, memberi nasehat, hukuman, mematuhi peraturan
terhadap siswa di sekolah SMA Negeri 1 Pangaribuan. Hal ini menunjukkan
bahwa beberapa bentuk keteladanan dari guru PPKn dalam membina kedisiplinan
siswa sudah terimplementasikan dengan cukup baik yaitu (57,38%) yang dilihat
dari hasil tabel frekuensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 029 |
Keywords: | Keteladanan,Guru PPKn, Kedisiplinan,Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35144 |