Br Tarigan, Eka Astika (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI DI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143111016 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 3143111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM. 3143111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 3143111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 3143111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 3143111016 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 3143111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 3143111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3143111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 3143111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 3143111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan angket dan memberikan tes tulis pilihan ganda pada siswa kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 94 siswa. Dikarenkan populasi pada penelitian ini tidak mencapai 100 orang, maka sampelnya diambil semuanya sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan antara variabel x dan y, digunakan rumus korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan koefesien korelasi antara variabel pengaruh keterampilan mengajar guru (x) terhadap variabel hasil belajar siswa (y) dapat diketahui bahwa rhitung adalah sebesar 0,406. Korelasi ini apabila diinterprestasikan pada nilai r korelasi dapat dikategorikan pada korelasi yang sedang. Dari hasil penelitian analisis dengan menggunakan uji ‘t’ diatas untuk melihat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Diperoleh thitung = 4,262 dengan harga ttabel = 1,986 karena thitung lebih besar dari pada ttabel (4,262 > 1,986) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (94-2 = 92) dengan demikian hipotesis alternatif dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 032 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35136 |