ALAM, HARI GUNA (2018) KOMPETENSI FROFESIONAL GURU PPKN TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI (STUDI KASUS SMP NEGERI 27 MEDAN KELAS VIII) TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111005 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 3142111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 3142111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 3142111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 3142111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 3142111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3142111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3142111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
12. NIM. 3142111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 3142111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru PPKn terhadap pembelajaran PPKn dalam meningkatkan nilai-nilai demokrasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan peneliti dengan mengunakan teknik random sampling (acak sederhana) dan yang menjadi sampel sebanyak 30 Siswa yaitu10% dari jumlah populasi siswa kelas VIII sebanyak 292 siswa, Peneltian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, Adapun variabel bebas (X) kompetensi profesional guru PPKn dan variabel terikat (Y) nilai-nilai demokras. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi, penyebaran angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang dugunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan korelasi Product Moment. Adapun hasil penelitian bahwa kompetensi profesional guru PPKn terhadap pembelajaran PPKn berpengaruh sedang dalam meningkatkan nilai-nilai demokrasi . hal ini sesuai dengan hasil yaitu harga kritik Dari daftar distribusi t, untuk dk28 dengan dk= diperoleh harga tabel 0.3061 pada α = 16,884atau taraf signifikan 5 %. Sehingga thitung >ttabel 0,510>0,3061. Berdasarkan hasil pengujian maka (Ho) ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini diterima yaitu: kompetesni profesional guru PPKn terhadap pembelajaran PPKn berpengaruh sedang dalam meningkatkan nilai-nilai demokrasi tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 034 |
Keywords: | PPKn; Kompetensi profesional guru; SMP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:19 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35130 |