ZULAINI, IWA (2018) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111042_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1141111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1141111042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1141111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1141111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111042_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1141111042_BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 1141111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi
sosial siswa dengan hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 107400 Bandar
Khalipah.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif.
Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sebanyak 25 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product
Moment Pearson dan uji keberartian dengan rumus uji t.
Hasil analisis korelasi antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar,
diperoleh rhitung sebesar 0.551, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 25 pada taraf
kesalahan 5% adalah 0.396 sehingga rhitung > rtabel (0.551 > 0.396), maka korelasi
signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai sebesar 3.167 dengan
membandingkan kepada nilai ttabel pada taraf kesalahan 5% adalah 1.714, sehingga
thitung > ttabel yaitu 3.167 > 1.714, maka hipotesis diterima. Ini berarti terdapat
hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS
kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah.
Maka dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial siswa yang baik akan
diikuti dengan hasil belajar yang baik, sebaliknya interaksi sosial yang tidak baik
diikuti dengan hasil belajar yang tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 402 |
Keywords: | Interaksi Sosial Siswa ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35124 |