Nainggolan, Prisna (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI PEMBELAJARAN PPKN KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143311025 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 3143311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
3. NIM. 3143311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 3143311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 3143311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
6. NIM. 3143311025 TABLES.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
7. NIM. 3143311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 3143311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
12. NIM. 3143311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 3143311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan
keberanian siswa mengemukakan pendapat melalui pembelajaran Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif.
Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, angket dan
dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 775 siswa dengan
sampel sebanyak 10% dari jumlah populasi, sehingga penulis memperoleh sampel
sebanyak 77 siswa dengan teknik random sampling. Untuk menguji dan
menganalisis data agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka dari itu
penelitian ini di uji dengan menggunakan tabel frekuensi dengan rumus statistik
sederhana (persentase). Dari hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam
meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat yaitu 52,27%,
artinya bahwa guru PPKn sudah berperan cukup baik/sedang. Hal ini ditunjukkan;
(1) guru memberikan motivasi kepada siswa; (2) guru membimbing siswa; (3)
guru melatih siswa dan; (4) guru menjadi supervisor bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 046 |
Keywords: | Peran Guru, PPKn, Mengemukakan Pendapat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35084 |