Safrina (2018) PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANAI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111023 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3142111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 3142111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 3142111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 3142111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 3142111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 3142111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3142111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3142111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 3142111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 3142111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kompetensi
pedagogik guru PPKn dalam melakukan pembinaan moral siswa di SMP Negeri 1
Kecamatan Panai Tengah. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis
adalah deskriftif kuantitatif sederhana. Jumlah populasi dalam penelitian ini
adalah 190 orang siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah yang berasal dari kelas VIII-
1 sampai dengan VIII-5. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
15% dari jumlah populasi sehingga penulis memperoleh sampel sebanyak 29
siswa dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung ke SMP
Negeri 1 Panai Tengah, menyebarkan angket, wawancara dan dokumentasi. Data
yang telah terkumpul dianalisis melalui teknik perhitungan sederhana dengan
menggunakan tabel frekuensi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah
Peran kompetensi pedagogik guru PPKn belum berperan secara maksimal dalam
melakukan pembinaan moral siswa di sekolah SMP Negeri 1 Panai Tengah. Dari
hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian ini menunjukkan bahwa 55,68%, yang
berarti bahwa presentasi ini dikategorikan pada level cukup baik/sedang. Sehingga
peran kompetensi pedagogik guru PPKn masih perlu ditingkatkan lagi, seperti
penguasaan dan penerapan perangkat dan media pembelajaran yang harus
melibatkan siswa bersikap aktif didalam kelas, kemudian adapun langkah pertama
yang dilakukan dalam melakukan pembinaan moral siswa ialah melihat dari
gender/jenis kelamin, suku dan agama, maka dengan begitu pembinaan moral
siswa dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 047 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik dan Pembinaan Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:30 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35071 |